15/06/23

Jalan Kehidupan


Setiap orang menjalani kisahnya masing-masing. Ada yang diberi kemudahan dan keberlimpahan sedari lahir, dan ada pula yang dilahirkan dalam keadaan serba kekurangan. Anugerah berupa kesehatan, keamanan, kedamaian, kasih sayang, ataupun harta. Aku yakin tak ada satu pun di muka bumi ini yang memiliki semuanya secara lengkap. Semua pasti memiliki kekurangan.

Lalu setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda dalam setiap fase kehidupannya. Ada yang sejak kecil sudah mengalami satu, dua atau banyak pengalaman traumatis yang membekas hingga dewasa. Tapi adapula yang menjalani keseharian yang biasa-biasa saja tanpa ada hambatan yang berarti, sehingga membuatnya menjadi pribadi yang santai dan stabil secara mental. 

Aku menulis ini hanya sebagai pengingat untuk diriku sendiri, betapa aku harus bersyukur sekecil apapun anuegrah yang aku terima. Tidak apa-apa telah mengalami banyak keadaan sulit yang membuatku jatuh. Karena banyak orang yang mengalaminya pula, aku tidak sendiri. 

Sekarang fokusku bukan lagi melihat kebelakang yang terselimuti kegelapan. Tapi aku harus bisa melihat kearah depan dimana setitik cahaya akan terus menggeliat. Di sana akan ada banyak pengalaman baru, orang-orang baru, memang tak akan sempurna, tapi setidaknya aku memiliki harapan akan sesuatu yang lebih baik dan lebih positif.

Jangan menyerah wahai diri ini, aku memiliki Rabb yang Maha Besar lagi Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Selama aku meminta pada-Nya, Dia tak akan pernah menelantarkanku sama sekali.

Barakallahu fiinaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar